Lompat ke konten

Rumus Kimia Aluminium Hidroksida

Rumus Kimia Aluminium Hidroksida :Aluminuium Hidroksida adalah salah satu senyawa kimia, yang mempunyai sebuah rumus kimia AI(OH)3.  Senyawa ini juga dikenal dengan Asam Aluminat, atau dikenal juga dengan sebuah senyawa  Aluminat Hidroksida. banyak dikenal dikalangan industri water treatment plant.

Dilihat dari sifat-sifat aluminium hidroksida ( rumus kimia Al Oh 3 ), yang massa jenisnya adalah 2,42 g/cm 3 , dan titik lelehnya adalah 300 derajat Celcius. Ini adalah bubuk amorf dalam warna putih dan tidak larut dalam air melainkan, hanya bisa  larut dalam larutan asam (biasnya asam sulfat ) dan basa. Massa molar aluminium hidroksida adalah 78.0036.

Aluminium hidroksida yang sering digunakan secara komersial diproduksi menggunakan prosedur Bayer. Prosesnya melibatkan melarutkan bauksit dalam larutan natrium hidroksida pada 270 derajat Celcius. 

Setelah prosedur selesai, pembuangan limbah dilakukan, meninggalkan larutan natrium aluminat untuk mengendap. Mineral yang diperoleh melalui pengendapan disebut aluminium hidroksida. Kalsinasi adalah proses yang digunakan untuk memperoleh aluminium oksida atau alumina dari aluminium hidroksida.

Beberapa Sifat Yang Dimiliki Oleh Alumunium Hidroksida

Ada beberapa sifat sifat yang dimiliki oleh Alumunium Hidroksida, dan berikut ini adalah sifat sifat yang dimiliki oleh Alumunium Hidroksida:

1.       Mempunyai Sebuah Sifat Yakni Asam Dan Basa

Aluminium ini mempunyai sebuah sifat, yakni sifat yang asam dan juga basa. Pada saat sedang mengalami asam terdapat sebuah rumus, yakni 3HCI+ AI(OH)3 -> AICI3+ 3H20. Sedangkan pada saat sedang mengalami Basa, rumusnya adalah AI(OH)3+OH- -> AI(OH) 4-

2.       Mempunyai Sifat Poliforisme

Tidak hanya mempunyai sifat asam dan basa, namun Aluminium Hidroksida ini juga mempunyai sebuah sifat yakni Poliforisme. Poliforisme adalah sebuah sifat, yakni adanya satu atom alumunium dan tiga molekul hidroksida.

Baca juga : Rumus kimia aluminium sulfat

Adapun kombinasi bahan kimia tersebut, adalah :

·         Gibissite

·         Bayerit

·         Nordstrandit

·         Doyleit

Lapisan lapisan tersebut menumpuk dan terdapat sebuah lapisan molekul , ion (garam), dan juga permukaan  mineral yang berbentuk zat. Semuanya itu membentuk sebuah AI(OH)3, yang bentuknya kristal  heksagonal.

Produksi dan Penggunaan Alumunium Hidroksida

Biasanya kandungan Alumunium Hodroksida ini, digunakan untuk pembuatan sebuah Bauksit. Biasanya suhu yang digunakan sangat tinggi sekali, yakni sekitar 270 derajat celcius. Apabila tidak berhati hati pada saat sedang melakukan produksi Bauksit, maka akan terjadi kecelakaan yang sangat membahayakan bagi tubuh.

Tidak hanya untuk membuat Bauksit, namun zat kimia Aluminium Hidroksida ini juga berguna untuk membuat sebuah plastik. Plastik ini snagat berguna sekali, untuk membawa sebuah makanan atau minuman. Biasanya plastik plastik ini tersedia, di toko toko atau toko swalayan yang terdekat. Selain itu juga plastik ini, juga bisa di daur ulang.

Baca juga : Tawas adalah bahan kimia garam mineral

Rumus Aluminium Sulfat varian lain dari Rumus Aluminium Hidroksida

Berbeda dengan Aluminium Hidroksida rumus kimia aluminium sulfat merupakan zat kimia yang memiliki rumus Al2(SO4)3. Aluminium sulfat ini akan mudah larut dalam air dan khususnya digunakan untuk agen flocculating dalam menjernihkan air minum tanaman dan air limbah instansi pengobatan, dan juga digunakan pada industri manufaktur, seperti pabrik kertas.

Bisa dibahas pada hari mendatang

Sekian informasi mengenai aluminium Hidroksida, dan juga penggunaan dari alumunium Hidroksida. Informasi sederhan ini tidaklah terlalu berbobot buat anda, tapi terimakasih telah mau membacanya mengenai Alumunium Hidroksida.

WeCreativez WhatsApp Support
Dapatkan bahan kimia berkualitas terbaik untuk industri Anda hanya di PT ICSA. Pilihlah solusi terbaik untuk kebutuhan kimia Anda sekarang!