Kategori
Artikel

Bahan Kimia Industri Yang Ajaib dan Bermanfaat

Bahan kimia Aluminium Hidroksida ini ajaib karena bersifat asam-basa atau amfoter, di alam bahannya berlimpah, juga banyak tersebar manfaatnya untuk sehari hari

Hidroksida adalah Bahan kimia yang mengandung hidroksida di dalam struktur molekulnya. Materi ini bisa dikatakan ajaib, karena dapat bersifat asam, basa atau amfoter. Kelompok senyawa amfoter atau senyawa yang berperilaku asam dan basa. Termasuk senyawa dengan rumus molekul Al(OH) 3 , senyawa ini disebut  aluminium hidroksida. Dengan sifat yang dimiliki senyawa ini akan memberi dampak sangat baik. Yang bisa kita gunakan untuk kehidupan kita. Apa manfaat dan sifat-sifatnya senyawa aluminium hidroksida ini?

supplier bahan kimia
PT ICSA importir dan supplier bahan kimia

Apa Itu Zat aluminium?

Adu dua jenis aluminium yang kita kenal berdasarkan mata kasat.

  1. Aluminium sebagai logam, Adalah bahan yang ditambang ada diproses oleh industri logam. Ini merupakan aluminium sebagai unsur kimia logam. Bahan logam ini dapat ditemukan di alam sebagai komponen terpenting sebagai pembentuk lapisan kerak bumi.
  2. Aluminium sebagai bahan teknis, zat dari alam ini sangat populer karena banyak digunakan sebagai bahan baku suatu produk. Dihasilkan dari bauksit yang terdiri dari zat aluminium hidroksida dan oksida logam (silikon, besi, dan zat lainnya).

Pada tahun 1825 seorang ahli kimia yang berasal dari Denmark Hans Christian rsted, melakukan penelitian. Beliau menemukan bubuk logam hasil pencampuran aluminium klorida dengan kalium amalgam. Hasil penemuan ini berlanjut, hingga puluhan tahun berikutnya para ahli menemukan beberapa manfaat dari bubuk logam ini.

Sampai akhirnya banyak industri tertarik untuk memproduksinya. Sejak saat itu bermunculan industri kimia yang memproduksi varian lainnya untuk memproduksi produk turunannya.

Bagaimana Bahan Kimia Aluminium Hidroksida Diperoleh?

importir dan supplier bahan kimia
PT ICSA importir dan supplier bahan kimia

Dalam memproduksi Al(OH) 3 skala massal, diproses dalam kondisi laboratorium, sedangkan aluminium hidroksida dapat diperoleh dengan cara mereaksikan larutan garam aluminium dengan larutan amonia atau larutan natrium hidroksida.

Sementara itu Aluminium oksida hanya terbentuk ketika garam aluminium dicampurkan dengan zat lain yang lebih kuat darinya (bisa berupa hidroksida dan bahan kimia lain yang lebih kuat).

Aluminium Hidroksida: sifat fisik dan Sifa Bahan Kimia

Sifat fisik aluminium hidroksida Al(OH) 3 adalah berbentuk bubuk putih yang tidak memiliki bau dan tidak bisa larut dalam air. Ketika dipanaskan, itu akan berubah menjadi alumina dan akan menunjukkan sifat amfoter. Sifat ini sangat unik karena bisa memiliki sifat basa dan sifat asam sekaligus.

supplier bahan kimia
PT ICSA importir dan supplier bahan kimia

Aluminium hidroksida yang bersifat amfoter Ini menunjukan bahwa ketika proses pencampuran dan kondisi nilai pH yang berbeda. Oleh karena itu senyawa tersebut dapat berperilaku seperti asam atau basa. Dengan kata lain, Al(OH) 3 bereaksi dengan asam dan basa. Sehingga perusahaan importir bahan kimia industri biasa menjaga kondisi ini.

Sifat lainnya yang dimiliki aluminium hidroksida adalah bahwa Sifat senyawa ini akan berbeda-beda, tergantung teknologi yang digunakan dalam proses produksi. Misalnya serbuk Al(OH) 3 yang disimpan dan tidak digunakan terlalu lama lebih sulit diolah dengan asam atau basa. Ada lagi Aluminium hidroksida yang dalam bentuk jali mudah larut baik dalam lingkungan asam maupun basa, yang biasa diproduksi oleh industri. Sebagai bahan penjernih air. Bahan ini sangat penting adalah bahwa disosiasi aluminium hidroksida tidak akan mungkin karena merupakan salah satu dari sedikit Al(OH) 3 hidroksida yang tidak larut dalam air dan tidak terurai menjadi ion.

Pemanfaatan Bahan Kimia Aluminium Hidroksida

Sekarang Bagaimana Pemanfaatan aluminium hidroksida digunakan dalam industri saat ini? Kegunaan senyawa ini dalam kehidupan sehari hari sangat luas termasuk dalam dunia industri. Begitu banyak perusahaan dan industri kimia yang mengolah menggunakan bahan aluminium Hidroksida ini. Seperti : farmasi, medis, listrik dan kertas. Ada banyak produk yang mengandung aluminium hidroksida.

Kita bisa banyak menemukan aluminium hidroksida pada produk-produk yang kita dapatkan dari distributor bahan kimia dan kita pakai untuk keperluan sehari-hari seperti produk kosmetik, sabun, dan banyak produk lain yang biasa kita pakai setiap hari. Kita juga dapat menemukan bahan ini pada produk    obat-obatan dan produk supplier bahan kimia obat yang digunakan untuk mengobati hiperasiditas lambung dan penyakit ulseratif, vaksin, pengisi kertas, dan lain-lain.

Efek Samping Aluminium Hidroksida

Ada narasi yang ditunjukan untuk kalangan industri kimia mengatakan bahwa Aluminium hidroksida yang digunakan dalam vaksin, anti perspirant dan sabun menunjukkan efek karsinogenik atau iritasi. Namun, perlu diketahui bahwa zat ini belum dipastikan berbahaya. Juga tidak ada penelitian ilmiah yang dapat membuktikan toksisitas aluminium hidroksida.Setidaknya sampai saat ini. kecuali pemakaian yang berlebihan.

Akhir kata, Setidaknya Aluminium hidroksida merupakan anugerah dari tuhan untuk kita manfaatkan dan berguna bagi khalayak manusia. Tidak sedikit dari keajaiban bahan ini, telah banyak memberi jutaan manusia bisa memberi nafkah buat keluarganya malalui Perusahaan supplier bahan kimia dan pengolahan bahan ini. 

Terima kasih, semoga bermanfaat