Kategori
Artikel

Bahan Kimia Industri Pengolahan Air Bersih

Bahan Kimia Industri Pengolahan Air Bersih

Ada 3 jenis Koagulan atau bahan kimia yang digunakan oleh industri penngolahan air bersih, bahan kimia tersebut memiliki karakter dan fungsi yang berbeda-beda.

Aluminium sulfat

Aluminium sulfat adalah koagulan aluminium yang paling banyak digunakan.

pt icsa supplier bahan kimia Aluminium Sulfate
PT ICSA, supplier Aluminiun Sulfat

Ini tersedia dalam sejumlah nilai padat seperti blok, kibbled atau gumpalan seperti tanah dan juga tersedia sebagai solusi. Dalam praktik saluran air aluminium sulfat sering tetapi salah disebut sebagai ‘tawas’. Bentuk padat memiliki komposisi A12(SO4)3xH20 di mana x dapat berkisar antara 14 hingga 21 yang mengandung 14-18% w/w A1203 (alumina) atau 7,5-9% w/w A1 (aluminium), tergantung pada jumlah molekul air (x).

Ketika diberi dosis ke dalam air, pembentukan flok aluminium hidroksida adalah hasil dari reaksi antara koagulan asam dan alkalinitas alami air, yang biasanya terdiri dari kalsium bikarbonat. Dosis 1 mg/1 aluminium sulfat saat A1 bereaksi dengan 5,55 mg/1 alkalinitas yang dinyatakan sebagai CaCO3 dan meningkatkan kandungan CO2 sebesar 4,9 mg/1. 

Jadi jika tidak ada alkali yang ditambahkan alkalinitas akan berkurang dengan jumlah ini dengan konsekuensi pengurangan pH. Jika air memiliki kapasitas alkalinitas atau ‘buffering’ yang tidak mencukupi, alkali tambahan seperti kapur terhidrasi, natrium hidroksida, atau natrium karbonat harus ditambahkan; alkalinitas yang dinyatakan sebagai CaCO3 yang dihasilkan oleh 1 mg/1 dari setiap bahan kimia (kemurnian 100%) masing-masing adalah 1,35, 2,5 dan 0,94 kain/l.

Flok aluminium hidroksida tidak larut pada pita pH yang relatif sempit, yang dapat bervariasi dengan sumber air baku. Oleh karena itu kontrol pH penting dalam koagulasi, tidak hanya dalam menghilangkan kekeruhan dan warna tetapi juga untuk mempertahankan tingkat minimum aluminium residu terlarut yang memuaskan dalam air yang diklarifikasi.

pH optimal untuk koagulasi perairan permukaan dataran rendah biasanya berada dalam kisaran 6,5-7,2, sedangkan untuk perairan dataran tinggi yang lebih berwarna tinggi, kisaran pH yang lebih rendah, biasanya 5-6, diperlukan. Perairan dataran rendah biasanya mengandung konsentrasi garam terlarut yang lebih tinggi, termasuk alkalinitas dan oleh karena itu mungkin memerlukan penambahan asam melebihi yang disediakan oleh koagulan. Dalam keadaan ini biasanya lebih ekonomis untuk menambahkan asam sulfat daripada kelebihan aluminium sulfat untuk mendapatkan nilai pH koagulasi yang optimal.

Sodium aluminate

Jenis koagulan lain yang banyak digunakan pada industri pengolahan air adalah natrium aluminat. Natrium aluminat dibuat dari aluminium oksida yang distabilkan dengan soda kaustik; itu digunakan dengan aluminium sulfat untuk menggumpal air yang sangat dingin yang tidak akan berhasil menggumpal dengan aluminium sulfat saja. Ini juga digunakan dalam ‘koagulasi ganda’ dari perairan yang sangat berwarna; aluminium sulfat (dengan asam sulfat) ditambahkan sebagai tahap pertama untuk menggumpal warna pada pH 4,5-5,0.

PT ICSA supplier bahan kimia sodium aluminate

Aluminium larut yang dihasilkan dalam air yang menetap dari tahap sedimentasi pertama diendapkan pada tahap sedimentasi kedua menggunakan natrium aluminat alkali pada pH 6,5. Natrium aluminat juga digunakan dalam pelunakan kapur-soda di mana kalsium aluminat yang tidak larut terbentuk, dan pada gilirannya flokulasi kalsium karbonat dan magnesium hidroksida yang diendapkan.

Bahan ini banyak tersedia di toko-toko , supplier bahan kimia industri, dan tempat penyedia bahan kimia.

Iron coagulants

Koagulan besi dalam bentuk besi berperilaku mirip dengan aluminium sulfat dan membentuk flok besi hidroksida dengan adanya alkalinitas bikarbonat. Dosis 1 mg/1 besi sulfat atau klorida sebagai Fe menetralkan alkalinitas 2,7 mg/1 yang dinyatakan sebagai CaCO3 dan meningkatkan kandungan CO2 sebesar 2,36 mg/1. Flok besi hidroksida tidak larut dalam rentang pH yang jauh lebih luas (4-10) daripada aluminium sulfat. Ujung bawah kisaran pH (4-5,5) berguna untuk merawat perairan moorland yang sangat berwarna.

PT ICSA importir dan supplier bahan kimia

Anda bisa mendapatkan produk ini di sini