Tawas adalah Garam Kristal Yang banyak manfaat

Tawas adalah bahan kimia seba guna

Tawas adalah bahan kimia garam mineral sejenis garam kristal berwarna putih yang biasanya digunakan sebagai pengawet makanan. Ia juga dapat digunakan sebagai bahan pembersih dan pengilat untuk logam dan kaca. Chemikal ini biasanya terbuat dari natrium alumino silikat, yang merupakan senyawa kimia yang terdiri dari natrium, alumunium, dan silikon. Ia biasanya dijual dalam bentuk bubuk atau kristal yang bersifat kering. dan menjadi padat dan kristal.

Jadi apa yang dimaksud tawas adalah alum, yang berasal dari bahasa Latin dengan nama ilmiah tawas “alumen”. Nama ini digunakan karena zat kimia ini biasanya diperoleh dari bijih alum yang terdapat di alam. Nama lain yang juga sering digunakan untuk zat ini adalah kristal alum, kristal tawas, atau natrium aluminum silikat.

Bahan ajaib ini biasanya tersedia di toko kelontong atau toko-toko kebutuhan rumah tangga. Anda juga dapat menemukannya di toko-toko khusus bahan makanan atau di pasar tradisional. Jika Anda tidak dapat menemukannya di tempat-tempat tersebut, Anda dapat mencoba mencari di toko-toko online atau di situs jual beli online. Pastikan untuk membaca deskripsi produk dan memeriksa label untuk memastikan bahwa Anda membelinya yang tepat.

Rumus kimia dari tawas

Rumus kimia dari kristal ini adalah NaAlSi3O8. Ini merupakan senyawa kimia yang terdiri dari natrium (Na), aluminum (Al), dan silikon (Si) yang dikombinasikan dengan oksigen (O). Natrium berperan sebagai kation yang memiliki muatan positif, sementara aluminum dan silikon berperan sebagai anion yang memiliki muatan negatif. Oksigen terikat dengan natrium, aluminum, dan silikon untuk membentuk ikatan kovalen, yang menyebabkan bahan kimia ini

Bahan kimia ini memiliki beberapa manfaat, di antaranya:

  1. Sebagai pengawet makanan: Bahan kimia ini dapat digunakan sebagai pengawet alami untuk makanan, karena dapat mengurangi pertumbuhan bakteri dan jamur. Ia dapat memperpanjang umur simpan makanan dan menjaga kualitasnya.
  2. Sebagai bahan pembersih: Zat ini dapat digunakan sebagai bahan pembersih alami untuk logam dan kaca. Ia dapat menghilangkan noda dan mengembalikan kilau alami dari logam dan kaca.
  3. Sebagai obat tradisional: Dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati sakit kepala, mual, dan masalah pencernaan. Ia juga dapat digunakan sebagai obat luar untuk mengobati luka ringan.
  4. Sebagai bahan kosmetik: Dapat digunakan dalam produk kosmetik sebagai bahan pembersih dan pengilat alami. Ia dapat membantu mencerahkan kulit dan menghilangkan noda hitam pada wajah.
  5. Sebagai bahan kimia: Kristal ini  juga dapat digunakan sebagai bahan kimia dalam industri. Ia dapat digunakan sebagai bahan baku dalam produksi sabun, deterjen, dan bahan bangunan.

Tawas aluminium sulfat

Tawas aluminium sulfat adalah sejenis garam kristal yang terdiri dari aluminium, sulfat, dan natrium. Ia merupakan senyawa kimia yang terdiri dari aluminium, sulfur, dan oksigen yang terikat dengan natrium. 

Tawas aluminium sulfat biasanya digunakan sebagai bahan pengolah air dan pengikat lumpur dalam proses pengolahan air limbah. Kristal ini juga dapat digunakan sebagai deodoran, bahan pengawet makanan, bahan kimia industri, dan obat tradisional. Namun, material yang disebut aluminium sulfat ini juga dapat menyebabkan efek samping jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, sehingga harus digunakan dengan hati-hati.

Bahan ini dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis, di antaranya:

  1. Tawas kalium (KAl(SO₄)₂·12H₂O): Adalah jenis tawas yang sering digunakan, yang terdiri dari kalium, aluminum, dan silikon. Ia biasanya digunakan sebagai bahan pengawet makanan, bahan kimia industri, dan obat tradisional.
  2. Tawas sodium: Adalah sejenis alum yang terdiri dari sodium, aluminum, dan silikon. Ia biasanya digunakan sebagai bahan untuk membuat kristal pengawet makanan, bahan pembersih, dan obat tradisional.
  3. Tawas aluminium sulfat: Adalah salah satu bahan kimia sejenis alum yang terdiri dari aluminium, sulfat, dan natrium. Ia biasanya digunakan sebagai bahan pengolah air dan pengikat lumpur dalam proses pengolahan air limbah.
  4. Tawas ammonium: Adalah sejenis kristal yang terdiri dari ammonium, aluminum, dan silikon. Ia biasanya digunakan sebagai bahan pengawet makanan, bahan kimia industri, dan obat tradisional.
  5. Tawas magnesium: Adalah sejenis alum yang terdiri dari magnesium, aluminum, dan silikon. Ia biasanya digunakan sebagai bahan pengawet makanan, bahan kimia industri, produk perawatan tubuh dan obat tradisional.

Sementara itu Garam Rangkap atau Kalium Sulfat (K2SO4) merupakan senyawa kimia yang terdiri dari ion kalium (K+) dan ion sulfat (SO4 2-). Senyawa ini dikenal juga dengan nama Kalium Sulfat Dodekahidrat (KAl(SO4)2.12H2O) karena memiliki 12 molekul air dalam strukturnya. Garam rangkap ini mudah larut dalam air, sehingga sering digunakan sebagai bahan tambah dalam industri pertanian dan perkebunan sebagai pupuk. Kelebihan dari garam rangkap ini yaitu, selain mudah larut dalam air, ia juga memiliki kandungan kalium yang tinggi sehingga dapat membantu pertumbuhan tanaman.

Baca juga : Rumus Kimia Aluminium Hidroksida

Selain itu, alum ini juga dapat diklasifikasikan menurut bentuknya, di antaranya:

  • Tawas dalam bentuk kristal: adalah alum yang berbentuk kristal atau butiran halus. Ia biasanya dijual dalam kemasan klip atau wadah kaca.
  • Tawas bubuk: adalah zat kimia yang dibuat dengan cara menghancurkan zat ini hingga menjadi bubuk halus. Ia biasanya dijual dalam kemasan plastik

Manfaatnya untuk penjernih air

Seperti kebanyakan dari kita tahu, air adalah bagian penting dari kehidupan kita sehari-hari. Kita tidak hanya membutuhkannya untuk diminum, tetapi kita juga menggunakannya untuk memasak, bersih-bersih, dan mandi. Jadi fungsi tawas untuk makanan akan terasa. Namun, terkadang air yang keluar dari keran kita tidak sebersih yang kita inginkan. Dalam kasus ini, kita perlu mengambil tindakan sendiri dan membersihkan air sendiri. Salah satu cara menggunakan tawas untuk melakukan ini adalah dengan menggunakan tawas. Untuk menjernihkan air dengan tawas, Anda perlu mengumpulkan air kotor dalam ember besar atau drum berkapasitas 1000 liter. Selanjutnya, tambahkan 5 sendok makan bubuk tawas ke dalam air dan aduk hingga larut. Kemudian, diamkan selama beberapa hari. Biarkan kotoran, minyak, dan sedimen mengendap di dasar wadah. Jika air masih belum jernih setelah beberapa hari, Anda bisa menambahkan 2-3 sendok makan bubuk tawas dan tunggu lagi hingga air jernih dan aman digunakan.

Manfaatnya untuk tubuh

Garam mineral ini Banyak manfaatnya untuk tubuh kita. Pertama, dapat membantu mencerahkan warna kulit, terutama di bawah lengan dan untuk menghilangkan bau badan karena garam mineral dapat menghilangkan minyak dan kotoran. Ini juga membantu mengurangi bau badan karena memiliki sifat yang menghambat pertumbuhan bakteri. Tawas memiliki kemampuan membantu menghaluskan kulit karena menghilangkan kotoran. Akhirnya, ini membantu mencegah iritasi.

Efek Samping dari Tawas

Selain untuk obat rumahan yang populer untuk berbagai penyakit, penting untuk menyadari risiko yang terlibat dalam penggunaannya. Salah satu risiko paling umum yang terkait dengan kristal ini adalah iritasi kulit yang dapat dialami oleh orang dengan kulit sensitif. material ini juga bisa menyebabkan kemerahan, bentol, dan gatal. Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, Anda harus menghentikan penggunaan produk dan berkonsultasi dengan dokter. Jangan gunakan tawas secara berlebihan.

Meski biasa digunakan untuk meredakan gatal, namun dalam beberapa kasus justru bisa menyebabkan iritasi. Jika Anda mengalami ketidaknyamanan, kemungkinan kemungkinan ada yang salah dalam cara penggunaan tawas untuk kesehatan kulit anda, atau Anda alergi terhadap senyawa aluminium. Kemungkinan efek samping lainnya termasuk keracunan logam berat dan kerusakan hati.

Jika Anda menggunakannya dan mengalami iritasi, kemungkinan besar Anda alergi terhadap logam tersebut. Kemungkinan efek samping lainnya termasuk keracunan logam berat dan kerusakan hati. Untuk menghentikan iritasi, hentikan penggunaannya dan beralihlah ke produk yang direkomendasikan seperti deodoran atau antiperspiran. Anda juga bisa mengoleskan krim anti iritasi. Untuk jawaban yang lebih pasti, konsultasikan dengan dokter.

Penggunaan Pada Industri

Keajaiban Alam Aluminium sulfat, juga dikenal sebagai tawas, telah digunakan selama berabad-abad dalam berbagai aplikasi, mulai dari 

  • Mewarnai kain. Kristal ini digunakan sebagai mordan dalam proses pencelupan organik untuk memungkinkan serat tekstil menyerap warna dengan lebih baik. 
  • Pengolahan air dan pengolahan limbah. Penggunaan terbesar aluminium sulfat adalah sebagai koagulan dalam fasilitas pengolahan air untuk menghilangkan polutan. 
  • Pembuatan kertas. Banyak diaplikasikan pada Industri palp & paper Aplikasinya berkisar dari agen pengukur hingga muatan penetral dan kontrol pitch. 
  • Kontrol ganggang di kolam, danau, dan saluran air. 
  • Kontrol pH dalam tanah. Sebagai senyawa asam, biasa digunakan untuk mengatur tingkat pH dalam substrat tanah. 
  • Pembuatan produk. senyawa ini dapat ditemukan dalam berbagai produk, termasuk busa pemadam kebakaran, deodoran, soda kue, penyamakan kulit, pupuk, sabun, obat-obatan, dan katalis kimia.

Apa pun aplikasi industri Anda, PT ICSA dapat menyediakan Produk Tawas untuk memenuhi spesifikasi yang diperlukan. Pelajari lebih lanjut di halaman Produk kami dan esifikasi produk dan lembar data keselamatan.

ICSA

Produsen, Distributor dan supplier bahan kimia untuk industri

Index