Arti Simbol Bahan Kimia Berbahaya

Arti Simbol Bahan Kimia berbahaya sering diabaikan oleh sebagian orang. Simbol zat kimia berbahaya sangat penting untuk diperhatikan dalam industri, laboratorium, dan pergudangan terutama industri makanan. Ini membantu dalam identifikasi zat berbahaya dan memberikan petunjuk tentang cara penanganan yang aman. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa simbol zat berbahaya yang paling umum digunakan.

Di laboratorium, terdapat berbagai senyawa simia yang memiliki sifat yang berbeda-beda. Beberapa di antaranya dapat menyebabkan risiko bagi kesehatan dan keselamatan pekerja serta lingkungan (K3LH). Oleh karena itu, diperlukan suatu simbol universal untuk membedakan bahan kimia yang berbahaya dari yang tidak berbahaya. Hal ini menjadi dasar diterbitkannya peraturan tentang simbol bahan kimia berbahaya. Melalui peraturan tersebut, diciptakan simbol-simbol yang menunjukkan sifat berbahaya suatu zat kimia. Dalam artikel ini akan dijelaskan simbol-simbol senyawa kimia tersebut.

Di Indonesia, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bertanggung jawab dalam menangani standarisasi chemicals. Sedangkan di tingkat internasional, International Organization for Standardization (ISO) dan United Nations Economic Commission for Europe (UNECE) adalah badan yang menangani standarisasi zat kimia di dunia.

Peraturan dan Standar Simbol Zat Kimia Berbahaya di Indonesia dan Dunia

Peraturan tentang simbol zat kimia berbahaya di Indonesia diatur oleh Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi melalui Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No.Per.03/MEN/IV/2014 tentang Pedoman Penggunaan tanda Kimia Berbahaya dan Cara Penyimpanannya.

Peraturan ini menetapkan standar simbol yang harus digunakan untuk menandakan bahan berbahaya serta cara penyimpanannya. Simbol yang digunakan diatur berdasarkan tingkat bahaya dari bahan kimia tersebut, seperti simbol bahaya kimia, simbol peringatan, dan simbol peringatan khusus.

Peraturan ini berlaku untuk semua instansi/perusahaan yang menggunakan senyawa kimia di dalam kegiatan usahanya, termasuk di laboratorium, industri, dan sebagainya.

Sedangkan di tingkat internasional, penanda kimia berbahaya diatur oleh United Nations Globally Harmonized System of Classification and Labelling of Chemicals (UN GHS) yang digunakan sebagai standar internasional dalam mengklasifikasikan senyawa kimia berbahaya dan menandakannya dengan simbol yang sesuai.

Piktogram Simbol Kimia Berbahaya dan Deskripsi

Simbol bahan kimia merupakan suatu cara visual untuk menandakan sifat berbahaya dari suatu bahan kimia. Salah satu jenis simbol yang digunakan adalah tanda bahaya kimia. gambar ini ditampilkan dalam bentuk piktogram dengan latar belakang orange dan garis batas hitam. Gambar dalam piktogram ini menggambarkan sifat berbahaya dari bahan kimia, seperti risiko ledakan, kebakaran, risiko kesehatan atau keracunan, atau kombinasi dari risiko tersebut.

Simbol Berbahaya Kesehatan

Arti Simbol Bahan Kimia

Arti Simbol Bahan Kimia kimia berbahaya kesehatan digunakan untuk menunjukkan bahan kimia tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada kesehatan manusia. Beberapa contoh tanda ini adalah tanda merah dengan garis melingkar untuk bahan berbahaya, tanda merah dengan gambar api untuk bahan mudah terbakar, dan tanda hijau dengan gambar botol untuk bahan yang aman digunakan.

Simbol Bahaya Api

Arti Simbol Bahan Kimia Bahaya api

Simbol bahan kimia berbahaya api dengan gambar titik nyala api. Gambar ini digunakan untuk menunjukkan bahwa bahan tersebut dapat menyebabkan kebakaran atau kimia yang mudah terbakar. Beberapa contoh gambar ini adalah kuning dengan gambar api untuk bahan mudah terbakar. Bahan padatan yang mudah terbakar atau dapat menimbulkan reaksi yang tidak diinginkan jika digabungkan dengan bahan lain.

Arti Simbol Bahan Kimia Tanda Seru

Arti Simbol Bahan Kimia tanda seru

Gambar ini artinya bahan yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit, mata, atau saluran pernapasan, atau yang dapat berfungsi sebagai narkotika

Arti Simbol Bahan Kimia Silinder Gas

Arti Simbol Bahan Kimia Silinder Gas

Gas yang disimpan dalam wadah dengan tekanan tinggi, seperti amonia atau nitrogen cair. Gambar ini harus dipasang pada tabung gas yang mudah terbakar.

Arti Simbol Bahan Kimia Korosi

Arti Simbol Bahan Kimia kimia korosi

Bahan yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit atau mata saat bersentuhan atau yang dapat mengakibatkan kerusakan pada logam melalui proses korosi

Arti Simbol Bahan Kimia Bom Meledak

Arti Simbol Bahan Kimia bom meledak

Ada juga produk kimia yang mudah meledak explosive atau bahan yang memiliki potensi untuk meledak. Bahan ini contohnya seperti peroksida organik dan bahan yang sangat tidak stabil yang berpotensi meledak tanpa paparan udara atau tanpa kontak langsung.

Flame Over Circle

Arti Simbol Bahan Kimia indikator oksidator

Identifikasi oksidator Gambar bulatan dan api di atas. Bahan kimia yang memudahkan pembakaran atau membuat percikan api menyala lebih panas dan lebih lama. Oksidator adalah zat kimia yang membantu pembakaran atau meningkatkan intensitas api dan durasi ap

Tengkorak dan Tulang Bersilang

Arti Simbol Bahan Kimia tengkorak dan tulang bersilang

Simbol Tengkorak dan Tulang Bersilang adalah salah satu simbol yang digunakan dalam klasifikasi bahan kimia berbahaya. Penanda ini digunakan untuk menandakan bahan kimia yang memiliki efek toksik langsung dan serius, seperti racun dan asam konsentrat tinggi. Bahan-bahan ini sangat berbahaya dan dapat menyebabkan toksisitas akut jika tidak ditangani dengan benar.

Penting untuk diingat bahwa bahan-bahan dengan simbol Tengkorak dan Tulang Bersilang harus ditangani dengan sangat hati-hati dan harus disimpan dalam area yang terisolasi. Sebelum menangani bahan ini, harus dibaca dengan seksama label dan data keselamatan produk (MSDS) dan harus ikuti prosedur keselamatan yang ditentukan di tempat kerja. Jika terjadi kontak dengan bahan ini, segera mencari pertolongan medis dan mandi dengan sabun dan air.

Simbol Berbahaya Lingkungan

Arti Simbol Bahan Kimia lingkungan

Simbol bahan kimia berbahaya lingkungan digunakan untuk menunjukkan bahwa bahan tersebut dapat menyebabkan kerusakan lingkungan. Beberapa contoh penanda ini adalah tanda hijau dengan gambar botol untuk bahan yang aman digunakan, dan tanda merah dengan gambar lingkaran untuk bahan yang berbahaya bagi lingkungan.

Simbol Berbahaya Lainnya

Arti Simbol Bahan Kimia lainnya

Simbol lain yang digunakan untuk menunjukkan bahwa bahan tersebut berbahaya adalah tanda seru untuk bahan yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit, mata, atau saluran pernapasan, dan tanda untuk gas yang disimpan dalam wadah dengan tekanan tinggi.

Penanda yang digunakan untuk menandai zat berbahaya sangat penting untuk diperhatikan. Mereka membantu dalam identifikasi produk kimia berbahaya dan memberikan petunjuk tentang cara penanganan yang aman. Jadi, selalu perhatikan simbol-simbol ini saat menangani bahan kimia dan pastikan untuk mengikuti petunjuk yang diberikan.

Selain simbol-simbol yang telah dijelaskan di atas, masih ada beberapa simbol lain yang digunakan dalam industri dan laboratorium, seperti tanda korosi untuk bahan yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit atau mata saat bersentuhan atau yang dapat mengakibatkan kerusakan pada logam melalui proses korosi, tanda bom meledak untuk bahan yang memiliki potensi untuk meledak, tanda flame over circle untuk mengidentifikasi oksidator, dan tanda tengkorak dan tulang bersilang untuk zat yang memiliki efek toksik langsung dan parah.

Panduan dan Standar Internasional

Penting untuk diingat bahwa penanda ini hanya sebagai panduan dan tidak mencakup semua bahaya yang mungkin ditemukan dalam suatu bahan kimia. Sebelum menangani senyawa kimia, selalu baca label dan data keselamatan produk (MSDS) untuk mengetahui cara penanganan yang aman dan tindakan yang harus diambil jika terjadi kecelakaan. Juga, pastikan untuk mengikuti prosedur keselamatan yang ditentukan di tempat kerja Anda.

Selain tanda yang telah dijelaskan, ada juga beberapa standar internasional yang digunakan dalam industri dan laboratorium. Beberapa contohnya adalah GHS (Globally Harmonized System of Classification and Labelling of Chemicals) yang digunakan untuk mengklasifikasikan bahan kimia berdasarkan bahaya yang ditimbulkan dan memberikan label yang sesuai. GHS mencakup simbol-simbol yang dibahas di atas, seperti tanda merah dengan garis melingkar untuk bahan berbahaya, tanda merah dengan gambar api untuk bahan mudah terbakar, dan tanda hijau dengan gambar botol untuk bahan yang aman digunakan.

Pentingnya Penggunaan Simbol dan Label Bahan Kimia Beresiko Tinggi Dalam Transportasi

Ada juga UN Recommendations on the Transport of Dangerous Goods yang digunakan untuk mengklasifikasikan bahan kimia. Berdasarkan bahaya yang ditimbulkan dan memberikan label yang sesuai saat dalam transportasi. Ini juga mencakup simbol-simbol yang dibahas di atas, seperti tanda merah dengan garis melingkar untuk bahan berbahaya, tanda merah dengan gambar api untuk bahan mudah terbakar, dan tanda hijau dengan gambar botol untuk bahan yang aman digunakan.

Simbol-simbol ini sangat penting untuk diperhatikan dan harus selalu diterapkan pada chemicals yang digunakan dalam industri dan laboratorium. Ini membantu dalam identifikasi bahan kimia berbahaya dan memberikan petunjuk tentang cara penanganan yang aman. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Kita harus selalu baca label dan data keselamatan produk (MSDS) sebelum menangani bahan kimia dan ikuti prosedur keselamatan yang ditentukan di tempat kerja Anda. Semoga dengan ini anda bisa sedikit memahami Arti Simbol Bahan Kimia berbahaya.

ICSA

Produsen, Distributor dan supplier bahan kimia untuk industri