Kategori
Artikel

Peran Distributor Bahan Kimia Dalam Mata Rantai Industri Kimia

Distributor bahan kimia

Distributor bahan kimia itu bagian dari matarantai Industri kimia.

Industri Kimia adalah salah satu perusahaan manufaktur yang paling beragam dan berkaitan dengan pembuatan berbagai macam bahan padat, cair, dan gas. Bahan baku utama industri kimia adalah air, udara, garam, batu kapur, belerang, dan bahan bakar fosil.

Apa yang dimaksud dengan produk industri kimia?

Distributor bahan kimia untuk industri

Industri yang mengubah bahan-bahan tertentu menjadi bahan kimia organik dan anorganik, seperti produk keramik, petrokimia, agrokimia, polimer, dan wewangian. Sebagian besar produk ini digunakan dalam pembuatan barang-barang lain, sementara yang lainnya dapat digunakan langsung oleh konsumen.

Peran Distributor Bahan KIimia Kepada Sektor Industrial Lainnya

Industri kimia sangat bergantung pada bahan baku yang didistribusikan oleh distributor bahan kimia sehingga harganya memiliki pengaruh yang signifikan dalam industri ini. Mereka sebagian besar dapat menentukan tingkat produksi secara keseluruhan. Misalnya, industri berkembang pesat di Jakarta Indonesia, di mana tersedia bahan kimia petrokimia yang murah.

Distributor bahan kimia
Distributor bahan kimia

Biaya produksi juga memainkan peran besar dalam bagaimana industri beroperasi. Benua Asia misalnya, di mana tenaga kerja tersedia sehingga biaya tenaga kerja relatif rendah, telah mengalami pertumbuhan industri yang signifikan. Seperti yang ditunjukkan sejarah, industri kimia telah identik dengan Eropa Barat dan Amerika Utara. Eropa, khususnya, telah lama menjadi produsen terbesar diikuti oleh AS dan Jepang.

Distributor bahan kimia
Distributor bahan kimia

Namun, menurut statistik oleh Statista, sebuah portal statistik online, kawasan Asia/Pasifik telah mengambil alih industri ini dengan penjualan bahan kimia domestik di kawasan tersebut mencapai 2,79 triliun dolar AS pada tahun 2016. Statistik, yang menguraikan nilai total semua penjualan bahan kimia domestik di seluruh dunia berdasarkan wilayah, Asia/Pasifik jauh di depan wilayah lain dalam hal penjualan.

Jadi, apa yang bisa berubah?

Anda mungkin bertanya. Nah, penelitian menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan ini menjadi semakin sadar bahwa masa depan industri ini akan terlihat sangat berbeda dari yang sekarang. Untuk alasan itu, mereka telah berusaha untuk mengintegrasikan prinsip-prinsip desain produk yang ramah lingkungan dalam proses manufaktur mereka untuk mendorong pertumbuhan. Mereka juga menginvestasikan banyak sumber daya dalam mode produksi yang lebih bersih dan juga dalam penelitian dan pengembangan. Hal ini memungkinkan mereka untuk menghasilkan produk yang jauh lebih aman dan, sebagai hasilnya, menarik bagi konsumen. Jerman telah menjadikan negara ini salah satu distributor bahan kimia terbesar di dunia.

Distributor bahan kimia
Distributor bahan kimia untuk industri

Terakhir, perusahaan yang mencari platform pemasaran baru mendesain ulang portofolio produk mereka untuk menyesuaikan dengan skenario permintaan baru. Inilah yang harus atau perlu dilakukan oleh perusahaan dalam industri ini, atau berisiko dikeluarkan dari industri yang menguntungkan ini.

Produk apa saja yang mengandung bahan kimia?

Produk chemikal biasanya dikategorikan berdasarkan segmen pasar yang mereka layani. Seperti disebutkan sebelumnya beberapa produk chemikal digunakan untuk memproduksi produk lain sementara beberapa produk siap pakai untuk dikonsumsi langsung oleh pengguna akhir. Berikut adalah daftar segmen utama industri kimia.

Bahan kimia komoditas :

Distributor bahan kimia untuk industri
Distributor bahan kimia untuk industri

Ini adalah bahan kimia yang hanya dikategorikan berdasarkan komposisi kimianya. Faktanya, komposisi mereka bersifat universal dan produk kimia komoditas satu pemasok dapat dengan mudah dipertukarkan dengan produk lainnya. Bahan kimia komoditas terdiri dari sebagian besar industri kimia dengan pasar global mereka bernilai sekitar $908 miliar. Contohnya adalah polimer, plastik, serat sintetis, dan petrokimia. Mereka digunakan untuk membuat produk seperti furnitur, dekorasi rumah, prostesis, pipa PVC, tangki air, dan elektronik.

Bahan kimia khusus :

Distributor bahan kimia untuk industri
Distributor bahan kimia untuk industri

Tidak seperti bahan kimia komoditas, bahan kimia khusus dijual berdasarkan kinerja fungsionalnya daripada komposisi kimianya. Ini berarti bahwa mereka dikategorikan dalam hal seberapa besar pengaruhnya terhadap kinerja dan fungsionalitas produk akhir. Bahan kimia khusus membentuk sekitar 35% dari seluruh output industri. Mereka sangat berguna dalam pembuatan produk listrik dan elektronik, pembersih industri dan rumah, makanan dan minuman. Industri lain yang bergantung pada bahan kimia khusus termasuk industri konstruksi, manufaktur kendaraan bermotor, industri percetakan, serta pertambangan minyak dan gas.

Farmasi :

Industri farmasi adalah salah satu konsumen utama industri kimia. Mereka mengandalkan industri chemikal untuk pasokan bahan kimia utama yang digunakan untuk produksi zat aktif obat, zat curah, dan banyak produk farmasi jadi yang disiapkan untuk konsumsi langsung oleh pasien. Beberapa produk kimia juga bertindak sebagai katalis, reaktan, reagen, dan pelarut untuk berbagai persiapan obat. Penemuan dan terobosan besar dalam penelitian farmasi tingkat lanjut melalui bio-engineering dan bioteknologi tidak akan mungkin terjadi tanpa bantuan distributor bahan kimia. distributor bahan kimia akan terus mempengaruhi dan mempengaruhi penemuan, pengembangan, dan pembuatan obat obatan.

Bahan kimia pertanian :

Distributor bahan kimia untuk industri
Distributor bahan kimia untuk industri

Bahan kimia pertanian terdiri dari berbagai produk yang digunakan dalam industri pertanian termasuk pupuk, pestisida, dan produk pertanian berbasis bahan kimia lainnya. Industri kimia mendukung pembuatan bahan kimia pertanian melalui berbagai produk dan teknologi. Ini berkisar dari pasokan bahan baku sederhana hingga pembuatan bahan aktif kompleks, yang memerlukan standar produksi yang ketat untuk keamanan dan kualitas dan untuk menghindari kemungkinan kontaminasi silang. Bahan kimia pertanian sering digunakan untuk meningkatkan hasil panen dengan mempertahankan kesuburan tanah dan melindungi dari serangan hama, dan umumnya memastikan bahwa makanan aman dan makanan berkualitas tinggi. Pada tahun 2017, pasar agrokimia global bernilai sekitar US$215 miliar.

Produk Konsumen :

Saat ini, ada segmen industri yang mapan yang berhubungan dengan produk konsumen. Dari sabun, deterjen, pembersih, perlengkapan mandi, hingga kosmetik, ada industri multi-miliar dolar di sekitar produk ini. Hal ini distribusikan ke industri chemikal yang telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pengembangan dan komposisi formulasi produksi produk konsumen ini. Sebagian besar, jika tidak semua, bahan yang terkandung dalam produk ini, telah dinilai dan disetujui secara ilmiah sebelum diizinkan untuk diproduksi. Segmen industri chemikal ini akan terus tumbuh karena semakin banyak penelitian dimasukkan ke dalam konstitusi ini dan formulasi produk konsumen. Industri ini telah ada sejak lama dan memiliki rantai nilai yang mapan yang terdiri dari:

Apa Rantai Nilai Industri Kimia?

Pemasaran :

Distributor bahan kimia
Distributor bahan kimia

Perusahaan sekarang mendefinisikan ulang strategi pemasaran mereka untuk menentukan tujuan bisnis dan produk mereka dalam mencari keunggulan kompetitif tambahan itu. Ini bisa melalui pengembangan merek, kampanye pemasaran, dan dukungan. Mereka juga menggunakan media sosial untuk lebih memahami sentimen pelanggan/pasar dan menciptakan penawaran layanan yang menarik dan inovatif.

Peran distributor bahan kimia dalam Penelitian & Pengembangan :

Banyak investasi masuk ke segmen industri ini dalam hal pengembangan produk dan peningkatan produk yang sudah ada. Perusahaan juga menggunakan teknologi baru untuk mempelajari perilaku/pola pembelian pelanggan untuk menyesuaikan portofolio produk dan layanan mereka, dan juga mengidentifikasi peluang penjualan silang.

Peran distributor bahan kimia dalam Pengadaan :

Ini memperhitungkan semua proses dan logistik yang terlibat dalam memperoleh bahan baku untuk industri. Banyak efisiensi dan efektivitas yang diperlukan untuk memastikan bahwa pengadaan tidak membatasi kemampuan perusahaan untuk menghasilkan produk yang aman dan berkualitas.

Peran distributor bahan kimia dalam Manufaktur dan Rekayasa :

Distributor bahan kimia untuk industri

Ini mencakup semua proses fisik dan mesin yang terlibat dalam pembuatan setiap produk. Tahap ini merupakan poros industri chemikal karena wajib memastikan bahwa semua bahan, proses, dan produk memenuhi standar yang diharapkan dan undang-undang yang relevan.

Produksi :

Produksi merupakan bagian integral dari industri kimia. Output produksi dipengaruhi oleh beragam faktor internal termasuk R&D, parameter proses manufaktur, dan strategi pemasaran; dan beberapa faktor eksternal seperti dinamika pasar, undangundang dan arahan oleh pemerintah dan otoritas pengatur, dan persaingan.

Peran distributor bahan kimia dalam Supply :

Distributor bahan kimia
Distributor bahan kimia untuk industri

Tahap ini berkaitan dengan distributor bahan kimia, dimana mereka bergerak dalam bisang distribusi produk chemikals dari pabrik ke gudang atau konsumen. Ini adalah tahap yang sederhana namun sangat sensitif yang mengharuskan perusahaan untuk menjaga keselamatan, kualitas, dan peraturan lingkungan. Perusahaan juga perlu memanfaatkan inovasi manajemen persediaan dan persediaan yang cerdas dan otomatis untuk memastikan kelancaran aliran pasokan dan pengiriman produk.

Apa itu Industri Kimia?

Industri Kimia adalah salah satu industri manufaktur yang paling beragam dan berkaitan dengan pembuatan berbagai macam bahan padat, cair, dan gas. Bahan utama industri adalah air, udara, garam, batu kapur, belerang, dan bahan bakar fosil. Industri mengubah bahan-bahan ini menjadi bahan kimia industri organik dan anorganik, produk keramik, petrokimia, agrokimia, polimer, dan wewangian.

Apa Segmen Utama dalam Industri Kimia?

Produk chemikal biasanya dikategorikan berdasarkan segmen pasar yang mereka layani. Seperti disebutkan sebelumnya beberapa produk digunakan untuk memproduksi produk lain sementara beberapa produk siap pakai untuk dikonsumsi langsung oleh pengguna akhir. Segmen utama industri kimia adalah bahan kimia komoditas, bahan kimia khusus, farmasi, bahan kimia pertanian dan produk konsumen. Apa Rantai Nilai Industri Kimia? Industri kimia telah ada sejak lama dan memiliki rantai nilai yang mapan yang terdiri dari Pemasaran, Penelitian & Pengembangan, Pengadaan, Manufaktur dan Teknik, Produksi, dan Pasokan.

PT ICSA Hadir Sebagai Distributor Bahan Kimia

PT ICSA perusahaan yang terpercaya, ikut dalam mata rantai siklus ini yang berusaha menyumbangkan sesuatu untuk kepentingan industri yang bersama sama dengan perusahaan yang didaerah lain seperti Jakarta, surabaya, tangerang, sidoarjo dan yang lainnya untuk menyumbangkan kepada perekonomian bangsa. PT ICSA telah banyak berperan memberi kepercayaan pada costomer nya. sebagai distributor bahan kimia.