Kategori
Artikel

Peran Supplier Bahan Kimia Untuk Industri

PT ICSA importir dan supplier bahan kimia
Peran Supplier bahan kimia untuk industri dalam menjaga kualitas kemasan bahan kimia

Belakangan ini penggunaan kemasan untuk suatu produk bahan kimia kebanyakan menggunakan plastik. Bahan plastik telah menjadi salah satu pilihan bagi para produsen dan supplier bahan kimia untuk industri karena memiliki banyak keuntungan diantaranya bobotnya yang ringan dan bentuknya yang fleksibel sehingga mudah untuk di modifikasi. Disaat ini, bagaimanapun modifikasi dan inovasi yang dilakukan oleh produsen maupun supplier bahan kimia untuk industri, kemasan bahan kimia tersebut tetap harus dapat digunakan tanpa mempengaruhi atau mengkontaminasi produk yang dikemas sehingga aman bagi manusia dan lingkungan.

Pada umumnya setiap produk bahan kimia akan dikemas menggunakan suatu kemasan yang terbiasa pada umumnya digunakan seperti halnya mereka terbiasa dengan kemasan tersebut. Kemasan bahan kimia digunakan untuk mengemas/mewadahi suatu produk, baik yang bersentuhan langsung maupun tidak langsung dengan produk. Selain untuk mengemas dan mewadahi, kemasan bahan kimia juga bertujuan untuk melindungi produk yang dikemas baik dari kontaminasi kimia, fisika dan mikrobiologi serta untuk menjaga kualitas produk selama penyimpanan. Selain untuk alasan keamanan, kemasan juga menjadi salah satu media informasi bagi konsumen dan menjadi daya tarik untuk produk yang dikemas.

Supplier bahan kimia khususnya supplier bahan kimia untuk industri semestinya memperhatikan masalah kemasan ini. Suatu produk bahan kimia terdiri dari zat aktif, yang memberi pengaruh pada produk maupun lingkungannya, semestinya memperhatikan efek tersebut.selain eksipien dan bahan yang digunakan untuk pengemasan yang memainkan peran utama dalam memastikan dan kualitas produk sehingga supplier bahan kimia untuk industri tersebut dinilai dan harus mematuhi aturan dari Menteri Perindustrian Republik indonesia Nomor 24/M-IND/PER/2010 dan nomor 23/M/-IND/PER/4/2013 tentang harmonisasi global klasifikasi dan label.
Setiap kemasan bahan kimia yang diperdagangkan di dalam negeri maupun impor wajib mencantumkan logo tara pangan dan kode daur ulang. Tujuan dari logo tara pangan adalah untuk memberi petunjuk kemasan yang dimaksud aman untuk mengemas bahan kimia tersebut sehingga dapat melindungi konsumen dari efek bahaya yang terkontaminasi yang berasal dari material dan partikel yang kontak dengan bahan kimia atau senyawa yang bermigrasi ke dalam produk itu sendiri.
Selain supplier bahan kimia untuk industri terdapat beberapa pihak yang terlibat langsung untuk menjaga kualitas dan keamanan ini. Ada 4 divisi yang terlibat dalam masalah kemasan ini :

Produsen kemasan.
Produsen kemasan yang menjadi pemasok bahan kemasan untuk produsen bahan kimia diwajibkan untuk memperhatikan kualitas dan jaminan keamanan yang sesuai dengan kriteria bahan kimia yang diproduksi oleh industri bahan kimia tersebut
Produsen bahan kimia.
Selanjutnya produsen harus mengikuti prosedur SOP dalam proses pengemasan produknya
Supplier bahan kimia untuk industri
Supplier bahan kimia untuk industri berperan penting juga dalam menjaga kualitas sistem pengemasan, terutama saat regulasi dan migrasi suatu produk bahan kimia untuk industri.
Gudang.
Gudang penyimpanan harus memiliki prosedur yang sesuai dengan standar penyimpanan suatu produk bahan kimia untuk industri. Baik itu gudang penyimpanan milik konsumen maupun gudang milik distributor atau supplier bahan kimia untuk industri.

Proses regulasi pengemasan suatu produk sampai pada konsumen ini merupakan jaminan bagi konsumen dan jaminan bagi semua yang terlibat dalam prosesnya, termasuk jaminan bagi industri importir dan supplier bahan kimia untuk industri seperti PT ICSA
PT ICSA yang merupakan importir dan supplier bahan kimia untuk industri sangat konsen dalam prosedur dan SOP ini. kami sebagai distributor dan supplier bahan kimia untuk industri berusaha menjaga kualifikasi itu.
Kualifikasi pemasok merupakan proses dimana PT ICSA sebagai importir dan supplier bahan kimia untuk industri akan dinilai untuk menentukan apakah dapat menyediakan barang atau jasa yang dibutuhkan sesuai dengan spesifikasi yang diharapkan. PT ICSA berperan sebagai yang menyediakan bahan kimia untuk industri atas permintaan serta mempunyai izin dari instansi yang berwenang.


Tahapan Pelaksanaan Kualifikasi PT ICSA
Terdapat beberapa faktor yang PT ICSA jaga dalam regulasi produk dan menjaga kualitas sistem kemasan suatu produk dapat mempengaruhi migrasi, di antara nya:

  • Masa bersentuhan antara kemasan dengan materi produk
    • PT ICSA menjaga dan mengawasi dengan sistem pengawasan yang kami miliki agar efek durasi kontak ini sesuai standar
  • Luas permukaan kontak. Sesuai dengan kualifikasi suatu bahan kimia yang berbeda-beda, maka dalam menjaga standar suatu produk maka PT ICSA pun menjaga luas kontak ini
  • Suhu kontak antara kemasan dengan produk.
  • Bahan produk yang agresif
    • PT ICSA sangat sensitif dalam mengelola bahan kimia untuk industri yang bersifat agresif ini.

Dari penetapan sistem manajemen Quality control yang terjaga dan sistem regulasi kerja yang tertata dengan baik maka akan didapatkan kualitas produk dan pelayanan yang baik pula.
Terima kasih semoga bermanfaat

toko #chemical #laboratorium #kimia industri #chemicals #tambang barubara #perusahaan #chemistry #bahan #pabrik #industri #icsa #business #bisnis #kolam #kolam renang #filter air #bahan #pasir sillica #pac powder #water treatment #penjernih air