Lompat ke konten

Coal Dust Suppressant Untuk Industri Tambang Batubara

Coal Dust Suppressant

Coal Dust Suppressant

ICSA DUST SUPPRESSANT Produk Unggulan kami yang merupakan formula penahan debu batubara yang paling banyak direkomendasikan.

Coal Dust Suppressant adalah chemical batubara resin sintetis chemical Acrylic Copolymer yang dibuat sebagai lapisan permukaan yang tahan air.

Ini menunjukkan ketahanan terhadap dust suppression system pada air dan alkali dengan sangat bagus, juga terhadap ketahanan gesekan sehingga memberikan perlindungan kelembaban pada batubara dan dapat mencegah timbulnya kebakaran yang diakibatkan oleh terpicunya titik nyala batu bara (self combustion).

Batubara merupakan salah satu sumber energi disamping minyak dan gas bumi. Batubara tersebut diperoleh dari sumber alam dengan melakukan kegiatan penambangan.

Kegiatan penambangan batubara, yang dimulai dari kegiatan exploitasi, explorasi, handling dan transportasinya menghadapi permasalahan dampak negatif yaitu terjadinya debu batubara karena kurangnya pengendalian dust suppression system, yang berpotensi mendatangkan komplain penduduk atau masyarakat sekitar, yang pada akhirnya mengganggu kestabilan perusahaan pertambangan batubara tersebut.

Dampak negatif limbah debu batubara tersebut perlu diminimalkan, karena debu merupakan permasalahan yang sangat mengganggu baik kepada tenaga kerja, masyarakat sekitar, lingkungan dan peralatan. Oleh karena itu kenali Apa Saja Limbah Pertambangan Batubara yang Berbahaya bagi Lingkungan?

Baca juga : macam-macam limbah dan solusi penanganannya

Dust suppression system atau Penanganan debu batubara yang dilakukan oleh perusahaan pertambangan pada saat ini adalah dengan menggunakan cara yang konvensional, yaitu dengan cara melakukan penyiraman atau spraying menggunakan air saja.

Air adalah bahan yang mudah menguap, sehingga walaupun pada saat dilakukan spraying akan efektif mencegah debu batubara, akan tetapi apabila air yang membasahi batubara tersebut telah menguap karena kondisi lingkungan yang panas, maka akan terjadi permasalahan debu kembali dan akan terpicunya titik nyala (self combustion) yang mengakibatkan kebakaran. Oleh karena itu dibutuhkan sistim pengolahan air limbah tambang yang baik.
Berawal dari permasalahan tersebut diatas, kami PT. ICSA adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang pemasok dan pengadaan produk-produk bahan-bahan kimia yang berwawasan lingkungan, menawarkan solusi dari permasalahan yang terjadi pada pertambangan batubara, khususnya chemical batubara dalam penanganan debu batubara yaitu dengan menggunakan produk ICSA DUST SUPPRESSANT

INFORMASI

ICSA DUST SUPPRESSANT adalah produk chemical batubara cairan berwarna putih emulsi, merupakan kombinasi surfactant dan bahan polymer, yang bekerja menahan debu atau material butiran halus penyebab timbulnya debu. sehingga mampu mencegah kebakaran batubara.

Baca juga :

Kandungan surfactant dan bahan polymer tersebut bekerja bersama-sama secara efektif, dalam pengendalian debu di tambang. dengan penjelasan teknologi sebagai berikut :

Kandungan surfactant bekerja sebagai wetting agent, dimana cairan ICSA DUST SUPPRESSANT akan mempercepat membasahi butiran batubara dan memperkuat daya penetrasi cairan ICSA DUST SUPPRESSANT kedalam pori-pori antar butiran batubara.

Kandungan polymer bekerja sebagai bonding agent, dimana bahan polymer tersebut akan mengikat butiran halus batubara menjadi butiran yang lebih besar atau butiran halus batubara menempel pada batubara yang lebih besar.

icsa